Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 yang digelar sejak tanggal 20 sampai 30 Agustus telah berakhir dan terdapat deretan mobil-mobil terbaru yang ikut ditampilkan dalam pameran kali ini. Menariknya meskipun bukan sebagai kendaraan paling banyak terjual namun Daihatsu Copen justru dinobatkan sebagai mobil terbaik pilihan pengunjung GIIAS 2015.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Johnny Darmawan selaku  chief of steering committee dan juga ketua tiga dari Gaikindo. Menurutnya pilihan Best Car GIIAS 2015 yang jatuh kepada mobil mungil super dari Daihatsu tersebut bukan tanpa alasan karena yang memilihnya adalah para pengunjung. Penghargaan itu sendiri diberikan saat upacara penutupan GIIAS di hall 3 ICE, BSD City, Tangerang Selatan, Banten.

Sementara itu di urutan kedua sebagai mobil terbaik jatuh kepada All New Mazda CX-5 GT. Sedangkan di posisi ketiga justru diberikan kepada New Suzuki Ertiga Facelift. Tentu saja masuknya MPV dari SIS di daftar tiga besar ini sangatlah mengejutkan karena dalam beberapa pekan terakhir pemberitaan dari duo saudara Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia sangatlah gencar. Selain menobatkan mobil terbaik pihak penyelenggara juga mengumumkan daftar beberapa penghargaan lain seperti Miss Auto Show 2015 dan booth terbaik.

Daihatsu Copen 2015 Terbaru

Sedikit informasi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan New Daihatsu Copen dengan dua pilihan transmisi yaitu manual dengan banderol Rp 416, 55 juta dan varian matik Rp 431,55 juta. Namun menurut Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran PT ADM mengatakan bagi konsumen umum hanya diperbolehkan membeli tipe manual saja sedangkan untuk Daihatsu Copen transmisi otomatis diperuntukkan pada konsumen internal Daihatsu Indonesia saja.

Walaupun demikian respon masyarakat terhadap mobil mewah terbarunya tersebut cukup besar. Karena sebenarnya kendaraan dengan mesin 660 cc tersebut sudah pernah diperkenalkan ke publik pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun lalu. Sementara itu metode penjualannya sendiri ADM memberlakukan sistem pemesanan, jadi unitnya baru akan tersedia apabila ada yang melakukan booking karena Daihatsu Copen didatangkan secara CBU langsung dari Jepang. Di IIMS 2014 lalu pihak ADM sebenarnya sudah memperkirakan bahwa harga dari mobil mungil tersebut berkisar di angka Rp 250 jutaan. Namun nyatanya tahun ini nilai tukar rupiah terhadap dolar terus mengalami pelemahan sehingga banderolnya pun mencapai hampir dua kali lipat.

Tidak salah jika kemudian New Daihatsu Copen tampil sebagai mobil paling favorit di GIIAS 2015 mengingat selain memiliki tampilan sangat elegan mobil ini juga dibekali dapur pacu yang lain dari mobil super lainnya yaitu hanya memiliki mesin berkapasitas 660 cc 12 valve tiga silinder, DOHC namun berteknologi Intercooler turbo yang mampu menciptakan tenaga mencapai 47 Kw pada putaran 6.400 rpm serta torsi puncak hingga 92 Nm pada 3.200 rpm dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 22,2 km/liter untuk manual dan 25,2 km/liter pada varian matik. Daihatsu Copen hanya memiliki bobot 850 kg dengan jarak wheelbase mencapai 2.230 mm.

Peluncuran Daihatsu Copen dilakukan di Denpasar Bali bulan Mei 2015 kemarin sekaligus langsung dilakukan test drive. Untuk pasar Indonesia ini terdapat beberapa pilihan warna yang sangat menarik seperti yellow metallic, matador red pearl, liquid silver metallic, black mica metallic, crystal blue metallic, orange metallic, pearl white  dan glittering silver serta terdapat pula dua pilihan warna interior yaitu black dan beige. Tentu dengan banyaknya pilihan tersebut semakin mempermudah konsumen dalam melakukan pemlihan warna yang sesuai dengan karakternya masing-masing. Baca Juga, Harga Daihatsu Copen 2015 Indonesia dan Fitur Mobil Daihatsu Copen di Indonesia.